Belajar Bahasa Pemrograman C++

29 views
Logo bahasa C++


SEJARAH C++

Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an menurut C ANSI (American National Standard Institute). Pertama kali, prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan kemudahan kelas. Bahasa tersebut disebut C dengan kelas ( C wih class).
Selama tahun 1983-1984, C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan kemudahan pembebanlebihan operator dan fungsi yang kemudian melahirkan apa yang disebut C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk mengatakan bahwa bahasa gres ini merupakan versi yang lebih canggih dari C. Borland International merilis compiler Borland C++ dan Turbo C++.
Kedua compiler ini sama-sama sanggup dipakai untuk mengkompilasi kode C++. Bedanya, Borland C++ selain sanggup dipakai dibawah lingkungan DOS, juga sanggup dipakai untuk pemrograman Windows. Selain Borland International, beberapa perusahaan lain juga merilis compiler C++, menyerupai Topspeed C++ dan Zortech C++. Sedangkan aku sendiri biasa memakai Dev-C++ dan Code-Blocks, semua tersera anda.

Source Code Syntax Bahasa C:

#include<stdio.h>  int main() {     char pesan[] = "Hai, C Programmers";     printf(pesan);      return 0; }

Source Code Syntax Bahasa C++:

#include <iostream>  using namespace std;  int main() {     string pesan = "Hai, C++ Programmers";     cout << pesan << endl;      return 0; }


TENTANG C++

C++ diciptakan untuk mendukung pemrograman berorientasi pada objek (Object Oriented Pragramming/OOP) yang tidak dimiliki Bahasa C. sementara C merupakan bahasa pemrograman terbaik dilingkungannya, namun bahasa ini tidak memiliki kemampuan OOP. Reputasi C tidak diragukan lagi dalam menghasilkan kegiatan .EXE berukuran kecil, sanksi yang cepat,antarmuka (interfacing) yang sederhana dengan bahasa lain dan fleksibilitas pemrograman. Apa yang menciptakan C tampak sukar dipelajari mungkin karena tiadanya investigasi tipe. Sebagai contoh, sanggup mencampur bilangan bulat dengan string untuk menghasilkan karakter. Namun, justru dsitu letak fleksibilitas C, sanggup mengolah data C sebebas mengolah data dalam bahasa assembly.

STRUKTUR BAHASA C++

Program C maupun C++ selalu tersusun dari 4 (empat) bab utama, ialah :

  1. Bagian komentar yang ditandai dengan symbol // dan pasangan /* … */
  2. Bagian pengarah compiler yang ditandai dengan symbol #
  3. Bagian deklarasi
  4. Bagian definisi
Sekian dulu untuk perkenalan hari ini.

baca juga : Tipe Data dan Variabel Bahasa C


Kesimpulannya, C++ merupakan pengembangan dari bahasa C, C++ juga sering di sebut C with class(C dengan Kelas), kalau bahasa C tidak punya kelas dan tidak bisa Object Oriented Programming, dalam bahasa C++ hal tersebut memungkinkan.


Sumber http://ng0ding.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!