Backup Database dalam aplikasi apapun merupakan syarat utama, kenapa sanggup demikian dikarenakan Backup Database sangat untuk mengantisipasi jikalau ada bencana diluar dugaan menyerupai database error atau crash. Jika database sistem mengalami crash dan direpair tidak membuahkan hasil, maka sanggup kita gantikan database semula dengan database hasil backup dengan cara merestore database.

Kali ini admin akan membahas Backup Database khususnya pada database MySQL Server dengan Ms. Visual Basic 6.0 (VB6) dan Mysqldump.exe. Mysqldump.exe merupakan sebuah file internal (bawaan aplikasi MySQL Server) sewaktu kita melaksanakan instalasi aplikasi MySQL Server. Letak file tersebut berada pada folder instalasi MySQL Server C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.2\bin.

Fungsi dari file Mysqldump.exe adah sebuah aplikasi yang dipakai untuk menciptakan file yang berekstensi *.sql yang berisi perintah-perintah pembuatan tabel dan sanggup juga untuk membackup atau merestore database. Langsung saja pada pokok pembahasan Cara Backup Database MySQL (mysqldump), buka Ms. Visual Basic 6.0 (VB6) buatlah project – StandartEXE lalu buatlah form dan tambahkan komponen CommandButton dan textBox menyerupai gambar dibawah ini : 

Cara Backup Database Mysql (Mysqldump)

Untuk mencari letak tujuan backup admin memakai kotak obrolan Folder Browse. Untuk cara pembuatan Folder Browse sudah admin bahas pada artikel sebelumnya. Tambahkan pula Module sebagai penampung variabel-variabel dari Folder Browse.

Pada Tombol Cara Backup Database Mysql (Mysqldump)   Double klik dan pastekan syntak dibawah ini

    Dim sStrPathBackup As String
    sStrPathBackup = fBrowseForFolder(hWnd, “Pilih Direktori untuk Backup database”)

        If sStrPathBackup <> vbNullString Then
            Text1.Text = sStrPathBackup
        End If

Kemudian pada Tombol Cara Backup Database Mysql (Mysqldump)   Pastekan Syntak dibawah ini : 

Dim NServer, NUser, NPass, NDatabase As String
NServer = “localhost”
NUser = “root”
NPass = “” ‘Menyesuaikan dari passsword instalasi MySQL
NDatabase = “tes” ‘Menyesuaikan dari database MySQL
   
If Text1.Text <> “” Then
ShellAndWait “cmd /c  mysqldump.exe -u” & NUser & ” -p” & NPass & ” -h” & NServer & ” ” & NDatabase & ” > ” & Text1.Text & “\” & NDatabase & “.sql”
   MsgBox “Backup database : [ ” & NDatabase & ” ] sukses !!”, vbInformation, “Informasi”
End If

Untuk nama database dan Password menyesuaikan dari instalasi MySQL Server agan sendiri. Jika sudah final simpan dan Run/Jalankan, pilih path dimana database akan diletakkan hasil backup dan tekan tombol Proses Backup

LINK DOWNLOAD SOURCODE