Cara Memainkan Suara (Audio) Menggunakan Python

31 views

Python sanggup memainkan bunyi (audio) dengan banyak sekali format ibarat wav dan mp3. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa cara memainkan bunyi di Python.

Memainkan Suara .wav Menggunakan Modul winsound

winsound yaitu modul bawaan Python yang sanggup dipakai untuk memainkan bunyi dengan format .wav di Windows. Berikut ini kita memakai winsound untuk memainkan bunyi windows error yang sering kita dengar di Windows. Semua bunyi windows ibarat bunyi dikala windows start hingga windows shutdown ada di direktori C:\Windows\Media.

>>> import winsound
>>> winsound.PlaySound('C:\\Windows\\Media\\Windows Error.wav', winsound.SND_FILENAME)

Metode PlaySound membutuhkan dua argumen, yaitu path ke file bunyi dan argumen FLAG. Di sini kita memakai argumen winsound.SND_FILENAME.


Memainkan File mp3 dan File Suara Lainnya

Untuk memainkan file mp3 maupun file bunyi lainnya, kita sanggup memakai modul os atau dengan memakai modul playsound yang sanggup kita download memakai pip.

1. Memainkan File Dengan modul os

Dengan modul os kita sanggup memainkan file bunyi mp3 maupun yang lainnya. Akan tetapi, file bunyi akan dibuka sendiri memakai aktivitas windows. Dalam hal ini defaultnya yaitu Windows Media Player. Misalnya dalam pola berikut kita mempunyai file musikku.mp3 di direktori D:\.

>>> import os
>>> os.startfile('D:\\musikku.mp3')

Pada pola tersebut, musikku.mp3 akan terbuka dengan sendirinya di Windows Media Player.

2. Memainkan File mp3 dengan Modul playsound

Modul playsound sanggup kita install dengan memakai pip. Setelah terinstall, kita sanggup memainkan file mp3. Suara akan dimainkan di latar belakang tanpa memakai aplikasi Windows Media Player.

>>> import playsound
>>> playsound.playsound('D:\\musikku.mp3')

 

Author: 
    author
    No related post!