Program besar umumnya  dibentuk dari bab – bab yang lebih kecil. Bagian – bab tersebut dapat dibentuk sendiri atau memakai kegiatan yang sudah dibentuk oleh orang lain. Hampir semua kegiatan besar memakai bab – bab yang sudah dibentuk oleh orang atau pihak lain. Salah satu kegunaannya yaitu untuk menghemat waktu pembuatan program.

Demikian juga halnya dengan kegiatan Python. Pada ketika instalasi Python, Anda sudah menginstal ratusan modul – modul yang menyusun Python. Modul – modul tersebut ditulis oleh banyak orang di seluruh dunia dan tiap modul mempunyai fungsinya masing – masing untuk melaksanakan suatu hal.

Kumpulan dari satu atau beberapa modul akan membentuk paket Python. Banyak paket yang sudah menjadi bawaan dari bahasa Python. Paket – paket tersebut umumnya terinstal  di dalam folder Lib di dalam direktori instalasi Python.

Cara Menginstal Paket di Python

Selain paket yang sudah terinstal ketika instalasi Python, kita juga dapat menginstal sendiri paket yang kita inginkan dari internet. Kita dapat menginstal paket dengan memakai kegiatan pip yang menjadi bawaan Python.

Berikut ini kita contohkan untuk menginstal paket requests dengan gampang memakai pip. requests yaitu modul python yang mempunyai kegunaan untuk melaksanakan semua jenis http request atau undangan jalan masuk ke website menyerupai halnya browser.

Menginstal paket memakai pip sangat mudah. Sebelumnya pastikan Anda terhubung dengan internet. Kemudian buka command prompt (cmd) windows. Ketikkan pip install requests atau C:\Python34\Scripts\pip.exe install requests.

Cara Menginstal Paket di Python

Bila tidak ada masalah, maka paket akan terinstal dengan sukses dan dapat kita pakai untuk menciptakan program. Bila belum sukses, pip akan menampilkan pesan error yang mengatakan di mana letak kesalahannya.

Selain dengan cara online, pip juga dapat dipakai untuk menginstal paket secara offline. Tetapi, Anda sudah harus mendownload paket offline sebelumnya. Paket python biasanya mempunyai ekstensi .whl. Anda dapat googling paketnya di internet dan lalu mendownloadnya.

Situs yang berisi paket python yang resmi ada di pypi. Bila Anda tidak menemukan paket yang Anda cari di sana, ada situs lain yang berisi paket python, yaitu di https://www.lfd.uci.edu/ gohlke/pythonlibs/

Catatan: Pada ketika akan mendownload paket, Anda harus memperhatikan versi Python dari paket yang Anda download supaya nantinya kompatibel dengan Python yang terinstall di komputer Anda. Apakah itu untuk python versi 2.7, 3.2, 3.4, 3.5, dan lain sebagainya.

Setelah Anda mendownload paketnya, Anda tinggal menginstalnya dengan cara yang sama, dengan format pip install path_ke_paket.

Misalnya kita mendownload paket requests berjulukan requests‑2.18.4‑py2.py3‑none‑any.whl. Hasil downloadannya ini kita pindahkan ke drive D:. Maka kita dapat menginstalnya dengan perintah pip install D:\requests‑2.18.4‑py2.py3‑none‑any.whl.

Agar bekerja maksimal, sebaiknya Anda mengupgrade versi pip terlebih dahulu dengan perintah pip install -U pip. Kemudian cek versi pip dengan perintah pip -V.