Cara Merubah Atribut File Dengan Visual Basic 6.0

9 views
Pada kesempatan postingan kali ini admin akan share perihal pengolahan atribut file dengan Microsoft Visual Basic 6.0 sebelum kita masuk ke pembahasan, admin akan menguraikan sedikit perihal atribut file yang berada pada sistem operasi Windows, yakni :
(A) Archive
Untuk fiile yang beratribut jenis ini akan ditampilkan pada windows explorer menyerupai halnya file dengan atribut yang lain. Atribut ini berkhasiat sebagai penanda bahwa file ini merupakan backup copy dari file yang asli.

(H) Hidden
File dengan atribut Hidden akah disembunyikan atau tidak ditampakkan secara pribadi pada windows explorer. Untuk menampilkannya kita harus merubah setting folder options untuk menampilkan file tersembunyi pada windows explorer. Kemudian gres kita klik kanan properties pada file yang terhidden barulah rubah atributnya.

(R) Read Only
File dengan atribut Read Only merupakan tipe atribu yang hanya memperbolehkan untuk melihat saja tanpa sanggup merubah data tersebut. Atribut ini berkhasiat untuk melindungi keaslian file biar tidak sanggup dimodifikasi.

(S) System
File dengan atribut system akan disembunyikan dengan prioritas yang lebih diutamakan daripada file dengan atribut hidden. Biasanya file menyerupai ini dipakai pada file-file sistem operasi pada windows, untuk mencegah ada penghapusan, perubahan data sehingga sanggup menciptakan sistem operasi menjadi error dan untuk jenis atribu ini biasanya dikenal dengan sebutan Super Hidden.

Cukup terperinci bukan dengan sistem atribut file yang ada pada sistem operasi windows dan kali ini admin coba menerapkan cara merubah atribut file tersebut memakai Microsoft Visual Basic 6.0. Buatlah project – StandartEXE lalu buat juga Form dilanjutkan menambahkan beberapa komponen ke dalam sebuah form seperti

1. Label
2. TextBox
3. CheckBox
4. CommanButton
5. VScrollBar
6. Microsoft Common Dialog Control
Untuk lebih jelasnya menyerupai interface dibawah ini

Untuk lebih detailnya sourcode diatas sanggup didownload di LINK INI. Untuk cara kerja dari sorucode diatas cari dan pilih file lalu akan tampil atribut bawaan dari file tersebut tinggal pilih atribut atau hilangkan atribut sesudah itu klik tombol OK
Author: 
    author
    No related post!