Coding Enkapsulasi Dalam Bahasa Pemrograman Java

32 views

Dalam postingan sebelumnya yang berjudul konsep PB0 dalam bahasa java , aku sudah sedikit menjelaskan wacana Enkapsulasi di dalam bahasa java .Pada kesempatan kali ini kita akan berguru wacana enkapsulasi lebih mendalam .

Pengertian enkapuslasi

Enkapsulasi merupakan salah satu sifat dari PBO . Secara bahasa enkapsulasi berarti pengkapsulan sebuah data . Coba kita misalkan ibarat obat yang berbentuk kapsul , tujuannya obat di bentuk kapsul ialah melindungi isi obat yang ada di dalam kapsul semoga tidak gampang rusak . Hal ini tidak berbeda jauh dengan enkapsulasi yang ada di java .

Lebih tepanya pengertian enkapsulasi sendiri ialah pengemasan dan penyembunyian suatu isu . Dari hal ini lah enkapsulasi juga di kenal dengan istilah infomation hidding .

Perhtikan gambar di atas , kalo kita perhatikan bagian-bagian kendaraan beroda empat itu juga di enkapsulasi oleh tubuh kendaraan beroda empat semoga potongan dalamnya tidak gampang rusak sebab dampak dari luar .

Keuntungan kita jikalau memakai ENKAPSULASI

Dengan memakai teknik enkapsulasi maka kita akan mendapat beberapa manfaat yang sangat berkhasiat . Di bawah ini aku akan menjelaskannya:

1. Objek dan bagian-bagian didalamnya sanggup fleksibel untuk dipindahkan .
2. Objek sanggup dilindungi dari pengaksesan yang tidak diperkenenkan
3. Objek lebih kohesi sehingga sanggup bekerja dengan lebih independen.

Coding enkapsulasi dalam bahasa java

Setelah kita membahas apa itu enkapsulasi maka kini kita akan berurusan dengan coding . Di dalam java kita kenal dengan variabel global yaitu variabel yang terletak di dalam kelas induk dan tidak terdapat dalam method. Kita buat 2 buah variabel dengan identifier private di mana cara pengaksesan datanya dengan mengguankan method setter() dan getter(). Buat dulu code ibarat di bawah ini .

  public class Kapsul {     String nama;     String jumlah; }  

Generate enkapsulasi dalam netbeans

NetBeans telah memperlihatkan kita banyak fungsi yang sanggup kita gunakaan untuk mempercepat kita dalam mencoding . Salah satu fungsi yang sangat membantu ialah pengeneratean mekanisme setter() dan fungsi getter() dengan hanya mengklik klik beberapa sajian yang di sediakan netbeans. Cara untuk menggenerate seter dan getter ialah sebagai berikut .

1. Klik di potongan belakang variabel jumlah; lalu klik kanan mouse . Pilih sajian Insert code lalu akan muncul sajian generate . Kita sanggup menentukan hanya menggenerate setter saja dengan mengklik pilihan setter begitu juga untuk yang getter . Kita juga sanggup eksklusif menggenerate setter dan getter secara bersamaan dengan mengklik yang Setter dan Getter . Saya lebih menyarankan menentukan yang eksklusif klik Setter dan Getter sebab kita membutuhkan keduanya .

2. Akan muncul sajian generate setter dan getter . Centang pada kotak cek box di sebelah variabel yang akan kita generate setter dan getternya . Kemudian klik pada kotak cek box di kanan bawah yang bertuliskan Encapsulate Fields , hal ini bertujuan untuk mengubah modifier (hak saluran ) di variabel menjadi private . Jika sudah maka tekan tombol generate dan code pun akan digenerate secara otomatis .

Hasilnya akan menjadi ibarat code di bawah ini .

  public class Kapsul {     String nama;     String jumlah;      public String getNama() {         return nama;     }      public void setNama(String nama) {         this.nama = nama;     }      public String getJumlah() {         return jumlah;     }      public void setJumlah(String jumlah) {         this.jumlah = jumlah;     }      }  

Sekarang kita coba untuk memakai setter dan getter di dalam main . Kita buat dulu main nya , sanggup kita ketikan sendiri atau kita pakai cara cepatnya dengan mengetikan psvm lalu tekan tombol tab . Lalu kita tambahkan coding ibarat di bawah ini .

  public static void main(String[] args) {         Kapsul kap = new Kapsul();                  kap.setNama("Roda");         kap.setJumlah("Tiga");                  System.out.println("AMBIL NAMA = "+kap.getNama());         String jum = kap.getJumlah();         System.out.println("AMBIL JUMLAH = "+jum); }  

Kita buat dulu instance gres dari kelas Kapsul lalu kita panggil setter dan getternya . Untuk pemanggilan getter kita sanggup eksklusif menampilkannya atau kita simpan dahulu dalam variabel , baca juga selengkapnya wacana fungsi dalam java . Hasil run yang akan terjadi ialah ibarat gambar di bawah ini .

Jadi itulah pembahasan kita kali ini wacana enkapsulasi dalam bahasa pemrograman java . Terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk tutorial java dan sedikit ilmu wacana java .

Silahkan download sourcode postingan ini dibawah .

DOWNLOAD


Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!