Coding Kalkulator Sederhana Dengan Java

31 views
Dalam kehidupan sehari – hari kita tidak akan lepas dari yang namanya proses matematika . Mulai dari hal yang kecil ibarat menghitung jumlah buah hingga dengan hal yang sangat besar ibarat menghitung nilai ekonomi . Manusia untuk mempermudah hidupnya pun menciptakan sebuah alat untuk mempermudah perhitungan tersebut , mulai dari yang sederhana hingga yang sangat moderen . 
Dahulu kita mengenal sempoa , alat hitung yang sangat sederhana namun sangat mempunyai kegunaan pada zaman dahulu . Kali ini kita tidak akan menciptakan sempoa melainkan alat yang lebih moderen yaitu kalkulator.
Kalkulator merupakan alat bantu hitung matematika yang di ciptakan untuk membantu kita mempermudah dalam perhitungan. Disini kita akan mencoba menciptakan kalkulator sederhana dengan memakai bahasa java tentunya .
Bagaimana kita menciptakan kalkulator ???
Setelah kita menciptakan kelas , kita pribadi buat mainnya . Kita hanya akan bermain-main di dalam method main saja hari ini . Buat scanner untuk proses input angkanya nanti . Bagi yang belum tau caranya atau mungkin lupa silahkan baca buat scanner dalam java .
 Scanner input = new Scanner(System.in);
Karena kita memakai inputa maka coding kita berpeluang mengimbulkan error . Misalnya bila kita minta inputan angka dan yang kita buakan angka maka akan terjadi error . Untuk itu kita buat try catch untuk menangani error ini . 
try { // Berisi coding yang akan membangkitkan error } catch (Exception e) { // Penanganan error }
Kemudian di dalam try-catch siapkan juga beberapa variabel yang nantinya akan kita gunakan .
int pilih ; double angka1 = 0, angka2 = 0, hasil = 0; boolean stop = false; String bantu;
Ketika coding di run , aku ingin project tidak hanya sekali jalan . Untuk itu aku akan memakai proses looping untuk mengulang project dan looping yang aku gunakan yakni while . Kenapa aku memakai while ??? alasannya aku tidak ingin ada batasan hingga kapan project ini akan terus berjalan . Baca selengkapnya perihal while .
while(!stop){ // Berisi hal yang akan di looping }
Didalamnya aku memperlihatkan sajian semoga memudahkan user . Kemudian user di suruh menentukan sajian dengan memasukan angka menunya .
System.out.println("PILIH : \n" + "1.Tambah \n" + "2.Kurang \n" + "3.Kali \n" + "4.Bagi \n"); pilih = input.nextInt();
Kemudian minta input angka yang akan di sanksi .
System.out.println("Angka 1 : "); angka1 = input.nextDouble(); System.out.println("Angka 2 : "); angka2 = input.nextDouble();
Kemudian kita akan memakai percabangan switch case . Untuk hal ibarat ini daripada if-else , switch case lebih baik . Didalam switch case di beri pilihan menurut sajian yang sudah kita buat tadi yaitu tambah , kurang , kali dan bagi . Jika kita menentukan selain itu maka akan masuk dalam default . Selengkapnya baca cara menciptakan switch case .
switch (pilih){ default : System.out.println("PILIHAN TIDAK ADA"); break; case 1 : hasil = angka1 + angka2; System.out.println("angka1 + angka2 = " + hasil); break; case 2 : hasil = angka1 - angka2; System.out.println("angka1 - angka2 = " + hasil); break; case 3 : hasil = angka1 * angka2; System.out.println("angka1 * angka2 = " + hasil); break; case 4 : hasil = angka1 / angka2; System.out.println("angka1 / angka2 = " + hasil); break; }
Sampai disini project kita sudah dapat di jalankan , namun masih belum dapat berhenti . Kita perlu menciptakan suatu kondisi semoga project kita dapat berhenti , caranya dengan ibarat ini .
System.out.println("\nTekan y atau ya atau Y atau YA bila ingin berhenti"); bantu = input.next(); if(bantu.equalsIgnoreCase("y") || bantu.equalsIgnoreCase("ya")){ stop = true; }
Di atas kita memperlihatkan pilihan pada user untuk menentukan berhenti atau tetap lanjut . Nah itu pembahasan kita kali ini , walaupun sederhana namun dapat melatih kita dalam berguru memahami coding .
Coding bahan ini dapat di download di bawah .


Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!