Coding Looping While Dalam Bahasa Java

27 views
Kalo sering mengikuti postingan blog saya ini niscaya kawan-kawan sudah tahu apa itu looping . Sudah saya jelaskan pada postingan yang dahulu perihal looping for di java . Selengkapnya silahkan baca apa itu looping for di java .

Apa Perbedaan antara looping for dan while ???
Saya ulang sedikit ya looping mempunyai kegunaan untuk mengulang coding kita semoga coding kita tidak membengkak . Looping merupakan hal yang wajib di pelajar tidak ada kata tapi , alasannya ialah sangat penting dalam coding kita .
Sebenarnya di dalam java terdapat 3 buah jenis looping yaitu looping for , looping while dan looping do while . Nah kali ini kita bahas dulu yang for dan while .

Jadi apa sih beda antara keduanya ???

Begini mitra , inget kan kalo for itu looping yang kita udah tahu batasnya . Makara looping akan terus melooping hingga dengan batas yang sudah kita menetapkan . Nah kalo while , kita belum tahu batasnya . Terus kalo tidak tahu batasnya bagaimana ??? Jangan resa dan jangan galau . Maksud dari kita belum tahu batasnya di sini , kita tidak sanggup memilih pastinya batasnya berapa kali looping . Makara yang memilih batasnya yaitu kondisi yang akan kita pakai , while akan terus melooping hingga ketemu kondisi untuk berhenti .
Bagaimana cara kita menciptakan looping while ???
Secara default coding untuk while ibarat ini .
        while(kondisi){             // Isi yang akan di looping         } 

Siapkan beberapa variabel di bawah ini .

        // Variabel yang di butuhkan          boolean stop = false;         int counter = 0;         int kunci = 4; 
Saya akan jelaskan sedikit , variabel stop mempunyai kegunaan untuk kondisi apakah looping while akan terus atau berhenti. Kemudian variabel counter mempunyai kegunaan untuk menghitung banyaknya looping yang akan di lakukan . Lalu variabel kunci untuk kunci yang harus di temukan.
Kemudian incrementkan counter semoga kita tahu ini loopingan ke berapa . Disini saya akan mengacak angka dari 0 – 9 , di sini saya memakai pustakan java . Kelas math dalam java menyediakan beberapa fungsi untuk operasi matematika termasuk mendapat angka random . Untuk mendapat angka antara 0 – 9 buat coding ibarat di bawah ini .
            // Dapatkan angka random             int acak = (int)(Math.random()*10); 

Kemudian tampilkan angka yang berhasil kita dapatkan .

 System.out.println(acak); 
Buat kondisi semoga looping mau berhenti . Caranya dengan penyeleksian kondisi dengan if , buat kondisi kalau angka yang kita random tadi karenanya sama dengan isi dari variabel kunci . Ketika kondisi if terpenuhi , kita ubah nilai dari variabel stop menjadi true . Sehingga looping sanggup berhenti alasannya ialah kodisi untuk looping while tidak terpenuhi.
            // Berhenti kalau sudah mendapat angka yang di cari             if(acak == kunci){                 stop = true;             } 
Dibawahnya kita tampilkan angka kunci di temukan pada loopingan ke berapa . Tampilkan juga berapa kali looping di lakukan .
        System.out.println("Looping while untuk mendapat angka " + kunci + " ialah sebanyak "+counter);         System.out.println("While berhenti pada looping ke " + counter); 
Hasilnya kalau di run akan ibarat ini .

Akhirnya final juga pembahasan looping while kita kali ini . Terus nantikan postingan berikutnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java.
Download coding bahan ini di bawah .

DOWNLOAD


Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!