Coding Menampilkan Bilangan Prima Dalam Java

38 views

Ini merupakan kelanjutan dari postingan aku sebelumnya yang berjudul Coding Mengecek Angka Prima Dalam Java . Pada pembahasan yang kemudian kita sudah membahas perihal apa itu bilangan prima dalam matematika kemudian kita pun juga sudah menciptakan fungsi untuk mengecek bilangan prima atau tidak . Nah aku sarankan yang belum membaca postingan aku sebelumnya , supaya membacanya dahulu alasannya dalam pembahasan kali ini masih menggukanan beberapa codingan dari bahan sebelumnya .

Kita kembali ke pembahasan kali ini . Kalo kemarin kita sudah sanggup mengecek angka prima atau bukan , kini kita akan menciptakan mekanisme untuk menampilkan bilangan – bilangan prima tersebut dalam java . Kita buat sebuah mekanisme dengan nama tampilPrima , codingnya menyerupai di bawah ini .

      public void tampilPrima(int batas){         Prima prima = new Prima();         int counter = 1;         System.out.print("Angka prima hingga angka " + batas + " : 2");         for (int i = 3; i <= batas; i++) {             if(prima.cekPrima(i)){                 System.out.print(" , " + i);                 counter++;             }         }         System.out.println("\nTotal angka prima yaitu "+ counter);     }  

Fungsi ini bertujuan untuk menampilkan angka prima dari angka prima pertama hingga dengan angka yang menjadi batas . Angka yang menjadi batas kita dapatkan dari parameter . Kemudian aku juga ingin mengetahui berapa banyak angka prima yang muncul untuk itu aku menciptakan variabel counter .

Kemudian kita gunakan looping for untuk medapatkan angka yang akan kita cek apakah prima atau tidak . Nah kemudian kita gunakan fungsi pada pembahasa sebelumnya untuk mengeceknya dan jangan lupa fungsi ini di gunakan sebagai kondisi dalam percabangan if . Nah bila if bernilai TRUE maka tampilkan angkanya dan juga incrementkan counter . Isi dari counter akan kita tampilkan di tamat looping for .

Selain itu aku juga ingin menciptakan fungsi yang tujuannya sama menyerupai di atas , cuma bedanya kalo di atas parameternya di gunakan untuk batas angka sedangkan di sin di gunakan untuk banyaknya angka prima yang ingin di tampilkan . Kita beri nama fungsi ini dengan nama tampilkanPrimaSebanyak() , codingnya menyerupai di bawah .

     public void tampilPrimaSebanyak(int batas){         Prima prima = new Prima();         int counter = 0;         int angka = 3;                  System.out.print("Angka prima sebanyak " + batas + " : 2");         while(true){             if(prima.cekPrima(angka)){                 counter++;                 System.out.print(" , " + angka);             }                          if(counter == batas){                 break;             }                          angka++;         }     }  

Berbeda dengan fungsi tampilPrima , disini kita memakai looping while . Kita kan belum tau hingga berapa looping yang di perlukan untuk menampilkan angka prima sebanyak contohnya 30 , nah while di sini looping yang paling cocok untuk di gunakan . While sengaja kita buat kondisinya selalu TRUE , cara semoga loopingnya berhenti yaitu dengan menggunakan code break yang kita tempatkan dalam if .

Lalu ubah sedikit di mainya menyerupai code di bawah ini .

      public static void main(String[] args) {         Prima prima = new Prima();                  prima.bacaPrima(7);         System.out.println("");         prima.tampilPrima(30);         prima.tampilPrimaSebanyak(12);     }  

tampilan ketika di run

Gimana , udah mulai paham kan dengan penggunaan looping for dan while . Terus semangat dalam berguru coding , sedikit paham itu lebih baik dari tidak paham sama sekali namun tentunya bila kita paham semuanya akan menjadi sangat baik . Tunggu postingan berikutnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java .

Download coding bahan ini di bawah .

DOWNLOAD
Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!