Coding Menciptakan Mekanisme Dalam Bahasa Java

23 views

Kali ini kita akan membahas perihal Method dalam bahasa pemrograman java .

Nah apa sih method itu ??

Method kalo berdasarkan aku sediri ialah penerapan dari prinsip modularitas dari java sendiri .  Method dalam java di bagi menjadi 2 yaitu Prosedur dan Fungsi . Kali ini kita akan membahas yang mekanisme .

Apa itu mekanisme ???

Prosedur sendiri pengertiannya ialah sebuah method yang tidak mengembalikan nilai kembali atau tidak ada perintah return . Prosedur di buat dengan di awali kata void , codenya ibarat di bawah ini.

      public void tampilAngka(){         System.out.println("Angka = 10");     }  

Untuk kata kunci public ialah sumbangan hak kanal , bila kawan-kawan sudah menggerti konsep PBO (Pemrograman Berbasis Object) mungkin kawan-kawan sudah tidak abnormal lagi tapi yang belum mengerti , gampangnya kalo public itu mekanisme kita nanti sanggup di kanal atau di gunakan dalam semua kelas .

Kemudian Prosedur sendiri bahwasanya masih di bagi lagi menjadi 2 yaitu mekanisme tanpa parameter dan mekanisme dengan parameter . Untuk rujukan yang di atas merupakan mekanisme tanpa parameter . Untuk yang dengan parameter ibarat dibawah ini .

      public void tampilAngka(int angka){         System.out.println("Angka = " + angka);     }  

Makara parameternya kita taruh di dalam tanda kurung  , parameter harus di awali denggan tipe datanya . Kita sanggup menunjukkan lebih dari satu parameter dan denggan tipe data yang berbeda .

Bagaimana cara pemanggilan mekanisme ???

Kemudian sesudah kita menciptakan mekanisme , kini kita akan memanggil mekanisme yang sudah kita buat . Untuk memanggilnya kita pertama harus menciptakan objek gres dari kelas yang di dalamnya ada mekanisme kita . Contoh codenya ibarat dibawah ini .

  Prosedur p = new Prosedur();  

Kawan-kawan buat saja ibarat code di atas , untuk kata kunci Prosedur di sesuaikan dengan nama kelas kawan-kawan lalu untuk kata p sanggup di ganti terserah kawan-kawan . Ada cara lain pemanggilannya tanpa harus menciptakan code ibarat di atas . Caranya cukup menambahkan kata static di awal mekanisme ( sebelum identifier ) . Untuk rujukan codenya ibarat di bawah ini .

      static public void tampilAngkaStatic(int angka){         System.out.println("Angka = " + angka);     }  

Setelah kita buat ibarat itu kita panggil prosedurnya ibarat code berikut .

      public static void main(String[] args) {         Scanner input = new Scanner(System.in);         Prosedur p = new Prosedur();                  System.out.println("PROSEDUR TANPA PARAMETER");         p.tampilAngka();         System.out.println("");         try {             System.out.println("PROSEDUR DENGAN PARAMETER");             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka = input.nextInt();             p.tampilAngka(angka);             System.out.println("");             System.out.println("PROSEDUR DENGAN KATA KUNCI STATIC");             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka2 = input.nextInt();             tampilAngkaStatic(angka2);            } catch (Exception e) {             System.out.println("Terjadi error !!!");             System.out.println("Masalah = " + e.getMessage());         }     }  

Diatas aku memakai penangkapan eksepsi yang gunanya untuk menangani bila terjadi error dalam run coding . Selengkapnya perihal penangkapan eksepsi silahkan baca disini .

Itulah yang kita sebut dengan prosedur java , ada lagi method yang lainya yaitu fungsi . Baca juga perihal coding fungsi dalam java . Sekian dulu postingan ini dan terus nantikan tutorial java lainnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java .

Download coding bahan ini di bawah .

DOWNLOAD


Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!