Coding Mengecek Angka Prima Dalam Java

24 views
Matematika , mungkin sebagian orang akan merasa malas saat mendengar kata itu . Menghitung yaitu salah satu hal yang kurang di sukai oleh sebagian besar orang . Namun bagi kita seorang yang pekerjaanya di dunia programer dan sekitarnya , matematika yaitu hal yang mau tidak mau harus kita pelajari alasannya yaitu perhitungan matematika merupakan dasar dari pemrograman kalo berdasarkan saya . Semakin kita memperdalam dunia programing maka kita akan semakin banyak bertemu dengan konsep-konsep matematika yang pernah kita pelajari di sekolah dahulu .
Untuk sanggup menaklukkan yang namanya matematika kita harus punya kuncinya . Mau tau apa kuncinya ??? kuncinya hanyalah terus mencoba dan jangan pernah mengalah . Untuk itu biasakan diri kita dengan matematika . 
Kali ini saya akan mengajak kawan-kawan mencar ilmu sedikit mengenai matematika dalam coding java tentunya . Saya akan membahas perihal bilangan prima . Masih ingatkah kalian dengan bilangan prima ????
Apa itu bilangan prima ???
Bilangan prima yaitu bilangan yang habis di bagi oleh 1 dan oleh dirinya sendiri . Biangan prima hanya terdiri dari bilangan aktual saja jadi tidak ada unsur negatifnya . Contohnya bilangan prima ibarat ini : 2 , 3 , 5 , 7 dan seterusnya .
Disini saya ingin mengecek sebuah angka apakah angka itu termasuk bilangan prima atau tidak . Buat dahulu kelasnya , lalu kalau sudah buat juga fungsi cekPrima dengan tipe data boolean ibarat code di bawah ini .
     public boolean cekPrima(int angka){         int counter = 0; // Untuk membantu penghitungan         for (int i = 2; i < angka; i++) {             if(angka % i == 0){                 counter++; // Perbaharui nilai counter             }         }                  if(angka > 0 && counter == 0){             return true;         }         return false;     }  
Saya memerlukan sebuah parameter untuk mendapat angka yang akan di cek . Kemudian kita buat sebuah counter untuk pinjaman menghitung . Kemudian saya butuh looping for untuk melooping hingga dengan batas dari inputan parameter tadi . Di dalamnya kita buat seleksi dengan if , dengan kondisi kalau angka di modulus i (berubah ubah sesuai nilai i di looping) = 0 maka counter akan di incrementkan .
Kita baca lagi apa pengertian dari bilangan prima , yaitu bilangan yang habis di bagi 1 dan dirinya sendiri . Kaprikornus kalau counter tetap berisi 0 maka beliau yaitu bilangan prima , kalau counter berubah beliau bukan bilangan prima alasannya yaitu angka sanggup di bagi habis oleh bilangan lain . Kalo isi if di sanksi maka kita rentun nilai TRUE , kalau isi if tidak di sanksi maka kita return FALSE .
Sampai disini pengecekan prima sudah sanggup di lakukan . Namun saya akan menciptakan sebuah prosedur semoga nanti saat ingin menampilkan saya tinggal panggil prosedurnya saja . Buat mekanisme bacaPrima dengan satu buah parameter .
    public void bacaPrima(int angka){         Prima prima = new Prima();         if(prima.cekPrima(angka)){             System.out.println(angka + " yaitu angka prima");         }else{             System.out.println(angka + " bukan angka prima");         }     }  
Didalam mekanisme di atas memanggil fungsi yang sudah kita buat tadi untuk mengecek apakah prima atau tidak . Jika prima maka tampilan bilangan itu prima kalau tidak maka tampilkan bilangan itu bukan prima .
Kemudaian di dalam mainya kita eksklusif saja panggil mekanisme bacaPrima dengan parameter berupa angka yang akan kita cek .
    public static void main(String[] args) {         Prima prima = new Prima();                  prima.bacaPrima(7);     } 

Hasil run akan ibarat gambar di bawah ini .

Sebenarnya saya masih ingin membahas banyak fungsi untuk bilangan prima ini , namun saya cukupkan sekian dulu supaya kawan-kawan tidak pusing dan akan saya lanjutkan di postingan berikutnya . Terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java .
Download coding bahan ini dibawah .


Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!