Komponen ComboBox pada Visual Basic 6.0 (VB6) sering kita gunakan dan tampaknya untuk komponen ini merupakan hal wajib dalam membangun sebuah aplikasi dan pada umumnya digunakan untuk menampilkan beberapa opsi pilihan. Seperti yang kita tahu komponen ComboBox ini sanggup menampilkan isi dari sebuah filed dari tabel didalam database, nah bagaimana kalau kita menciptakan sebuah combobox untuk menampilkan beberapa filed dari sebuah tabel. Untuk itu kita perlu memodifikasi componen ComboBox biar sanggup menampilkan beberapa field dari tabel didalam database dengan kata lain kita harus menciptakan componen ocx combobox. Langsung saja masuk ke pokok pembahasan.

Combobox Multicolumn Dengan Visual Basic 6.0 (Vb6)
Source Code ComboBox MultiColumn dengan Visual Basic 6.0 (VB6)
Dari gambar diatas sangat terang dari komponen ComboBox yang telah dimodifikasi sanggup menampilkan beberapa data dari database, tentunya sangat memudahkan bagi kalangan programmer khususnya yang memakai Visual Basic 6.0 (VB6) dalam memakai komponen yang satu ini.

Setelah didownload buka projectnya dan coba Run/F5. Cara kerja tools ini yakni pilih/click pada ComboBox maka data akan tampil pada komponen TextBox. Sangat gampang bukan untuk membantu programmer dalam pembuatan aplikasi.