Function String Hilangkan Seluruh Spasi Kalimat | Vb6

7 views
Function string tentunya pagi agan-agan yang bergelut di Microsoft Visual Basic 6.0 sudah tidak abnormal lagi khususnya penghilang spasi (LTrim, RTrim, Trim) bahkan aku rasa sudah diluar kepala. Terkadang dalam pembuatan suatu aplikasi kita memerlukan penggabungan kalimat/kata (string) tanpa spasi sama sekali, tujuan dari script function yang admin share kali ini yakni membahas cara menghilangkan seluruh spasi pada kalimat atau paragraf. 
Untuk cara kerjanya pun sama dengan function LTrim, RTrim, Trim string. Misalkan kita mendapati data No. HP dengan format 0813 699 30 155, kalau data tersebut kita pakai sebagai no tujuan pengiriman dari SMS Gateway secara otomatis pesan akan gagal, satu-satunya jalan kita harus menciptakan script yang memformat data No HP tersebut menjadi 085769930155. Untuk script functionnya ibarat dibawah ini :

Public Function HilangkanSpasi(strKalimat As String) _
As String
Dim i As Integer
Dim Temp As String
Dim Huruf As String * 1

Temp$ = “”: Huruf = “”
For i% = 1 To Len(strKalimat)
    Huruf = Chr(Asc(Mid(strKalimat, i%, 1)))
    If Len(Trim(Huruf)) >= 1 Then
      Temp$ = Temp$ + Chr(Asc(Mid(strKalimat, i%, 1)))
    End If
Next i
HilangkanSpasi = Temp$
End Function

Untuk cara penerapannya di Microsoft Visual Basic ibarat ini. Buatlah project lalu form dan tambahkan komponen TextBox dan CommanButton. Copykan function diatas terlebih dahulu pada form. Kemudian double klik pada CommanButton dan panggil function diatas dengan syntak ibarat ini 
MsgBox HilangkanSpasi(Text1.Text)
Kemudian RUN/F5. Inputkan kalimat pada TextBox bila perlu yang banyak, lalu klik tombol (CommanButton) maka akan tampil pesan yang berisi kalimat diTextBox dengan format kalimat yang sudah tidak berspasi lagi.
Cukup gampang bukan, biar script function mungil diatas sanggup membantu menuntaskan permasalah dalam memformat string khususnya pada Microsoft Visual Basic 6.0 dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Author: 
    author
    No related post!