Instalasi Sencha Touch – Tutorial Sencha Touch #Part 1

12 views

Instalasi Sencha Touch – Baiklah, pada kesempatan pertama ini saya ingin membuatkan perihal persiapan awal dalam pembangunan aplikasi mobile berbasis web ini, tapi sebelumnya saya ingin review sedikit perihal sencha touch bagi yang belum mengenal framework yang satu ini.

 

Sencha touch yaitu sebuah framework web application mobile yang menggabungkan kekuatan HTML5 mobile dan javascript sehingga sanggup menghasilkan suatu web application mobile layaknya sebuah aplikasi native pada perangkat mobile tersebut. jadi, dengan sencha touch kita sanggup menciptakan sebuah aplikasi yang indah dan sanggup berinteraksi dengan module-module perangkat smartphone secara sederhana. Untuk isu lebih lanjut bisa mengunjungi website resminya www.sencha.com/products/touch

 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  1. Sencha-touch-2.3.1a bisa eksklusif di download disini.
  2. SenchaCmd-3.1.2.342-windows bisa eksklusif di download disini..
  3. java Development Kit jdk-6u20-windows-i586 bisa eksklusif di download disini..

 

Baiklah kini kita eksklusif melaksanakan instalasi sencha touch pada komputer maupun laptop yang kita miliki, perlu di ingat pada tutorial ini saya memakai windows 7 untuk sistem operasi yang saya gunakan, sejauh ini sencha touch berjalan dengan baik pada windows 7 ultimate, home dan windows 8, untuk versi OS lainnya saya belum melaksanakan explorasi.

Langkah pertama download dahulu dulu paket yang telah saya berikan sebelumnya,

yang berisi 3 file wajib yang harus dimiliki.

 

 

Perangkat yang harus ada sebelum kita bisa menggenerate project pada sencha touch ini yaitu JAVA DEVELOPMENT KIT (jdk), jadi kita harus install dahulu “jdk-6u20-windows-i586” yang sudah saya berikan sebelumnya. 

 

 

Lakukan proses instalasi menyerupai pada umumnya.

 

Setelah proses instalasi selesai dilakukan, selanjutnya lakukan instalasi pada sencha CMD “SenchaCmd-3.1.2.342-windows”.

 

 

Ini berfungsi untuk menggenerate project gres yang akan kita bangkit nantinya, sebab proses generate project dan pembangunan lokal server dilakukan memakai command prompt (CMD)  maka kedua file ini wajib sudah terinstalasi dengan baik.

Untuk mengetahui apakah kedua perangkat ini sudah berjalan dengan baik, lakukan percobaan berikut.

Silahkan buka Command Prompt (CMD) ketikkan “sencha” tanpa tanda petik di command prompt anda. Maka alhasil akan menyerupai ini.

 

 

Apabila dua software tadi belum berhasil di instalasi maka alhasil akan menyerupai ini.

 

 

Silahkan ulangi proses instalasi apabila tahap pengecekan menghasilkan error menyerupai di atas.

Baiklah tahap berikutnya yaitu pembuatan direktori sencha yang akan dipakai untuk membangun project nantinya.

Silahkan extrak file “sencha-touch-2.3.1a-commercial.rar” yang telah saya berikan sebelumnya, dan arahkan extraksi di drive C:\ anda, maka file touch-2.3.1 akan berada menyerupai berikut.

 

   

Tahap ini dilakukan untuk pengarahan lokal server ke direktori touch-2.3.1 dan penempatan project kita nantinya.

Sejauh ini proses instalasi telah berjalan dengan baik, selanjutnya kita akan melaksanakan pengecekan terakhir dan melihat demo project dari framework sencha touch ini.

Seperti pembangunan aplikasi web mobile pada umumnya sencha touch juga membutuhan server lokal dalam pengujian projectnya. Kabar baiknya sencha touch telah menyedia kan server lokal di dalamnya, jadi kita tidak membutuhkan aplikasi suplemen menyerupai XAMPP dan sejenisnya.

Untuk pengaktifan server lokal, lakukan aktifasi pada sencha cmd web server dengan cara berikut.

Buka command prompt (CMD) ketikan perintah berikut “sencha fs web -port 8000 start -map C:\touch-2.3.1”  tanpa tanda petik, port 8000 yaitu port yang akan kita gunakan pada server ini, anda bisa mengganti dengan port yang anda inginkan, c:\touch-2.3.1 adalah direktori sencha touch yang akan kita jadikan server lokal nantinya.

jadi, direktori c:\touch-2.3.1 akan menjadi lokal server layaknya htdoc pada XAMPP.

Apabila proses aktifasi server berjalan dengan baik, maka alhasil akan menyerupai berikut.

 

 

Berikutnya silahkan buka browser google chrome untuk mellihat apakah sencha touch telah berjalan dan bisa digunakan. Sencha touch berjalan dengan baik pada browser yang mempunyai kemampuan yang cantik menyerupai safari dan chrome.

Ketikkan url berikut di google chrome anda “localhost:8000” sesuai dengan port yang anda berikan pada tahap pengaktifan sencha cmd web server.

Apabila semua tahap instalasi selesai maka alhasil akan menyerupai ini.

 

 

Selanjutnya kita akan melihat kemampuan-kemampuan sencha touch dalam membangun web aplikasi mobile dengan melihat demo projectnya.

Silahkan ketikkan url berikut “localhost:8000/examples/” di browser google chrome yang anda buka sebelumnya.

 

 

Silahkan lakukan explorasi dengan melihat-lihat demo yang dimiliki oleh sencha touch.

Sencha touch mempunyai kemampuan yang luar biasa di bandingkan framework-framework lainnya, salah satunya kita bisa mencicipi dampak touch yang biasa dirasakan pada aplikasi native smarphone dan sanggup berinterasi dengan hardware yang ada di dalam perangkat smartphone tersebut.

Saya sendiri sangat menyukai framework yang satu ini dalam membangun web aplikasi mobile di bandingkan dengan memakai jquery, sebab kemampuannya yang luar biasa dan desain thema yang bisa di sesuaikan dengan perangkat yang menjalankannya secara otomatis. Berikut yaitu salah satu referensi demo form yang dimiliki sencha touch.

 

 

Demikianlah tahap instalasi sencha touch.

 

Pada tutorial berikutnya kita akan berguru menciptakan project sederhana dan instalasi documentasi untuk mempermudah proses exprolasi atau pembelajaran kedepannya.

 

Salam hangat

Author: 
    author
    No related post!