Macam-Macam Tipe Data Primitif Pada Java Part 2

29 views
Hi mitra , jumpa lagi dalam posting saya kali ini .Kali ini saya akan meneruskan posting kemaren , masih ihwal tipe data primitif dalam java .Bagi yang belum sempat membacanya atau mungkin malah belum tahu , silahkan baca dulu di mengenal tipe data primitif part 1 .
Sebelumnya pada part 1 kita sudah membahas tipe data untuk angka bilangan bulat (byte, short, integer dan long) dan pecahan (float dan double). Sekarang kita akan membahas tipe data String , Char dan Boolean . Langsung saja kita bahas semuanya di bawah ini .



3. Tipe data String
String ialah kumpulan dari karakter , untuk mengisinya harus di apit dengan petik ganda . Dalam banyak bahasa pemrograman ,String diperlakukan sebagai suatu tipe data . Namun dalam bahasa JAVA String ialah sebuah Objek  .Lihat potongan code di bawah ini .
        String a = "saya";                  System.out.println("isi variabel a = " + a); 
Perhatikan untuk string kita perlu mengapitnya dengan petik ganda .Untuk variabel a di atas di isi kata Saya .  Kita juga sanggup menciptakan variabel contohnya c yang berisi variabel a di tambah variabel b , perhatikan potongan code di bawah
        String b = " belajar";         String c = a + b;                  System.out.println("isi variabel c = " + c); 

Kita juga sanggup menciptakan string menyerupai ini.

        String kata = new String("coba saja");                  System.out.println("isi variabel kata = " + kata); 
String mempunyai kelas tersendiri dalam java , kita sanggup memanipulasinya semau kita . Namun di sini saya hanya akan mengenalkan saja , untuk pembahasan detailnya tunggu postingan saya berikutnya .


4. Tipe data Char

Char ialah tipe data untuk karakter , untuk mengisinya harus memakai petik tunggal .Uniknya di sini kita sanggup menciptakan sebuah karakter dari angka namun kita harus merubah tipe datanya ke char dengan teknik casting . Contoh codingnya menyerupai di bawah .
        char abjad = 'r';                  System.out.println("isi variabel abjad = " + huruf);                  int angka = 97;         char hurufAngka = (char) angka;                  System.out.println("isi variabel angka = " + angka);         System.out.println("isi variabel hurufAngka = " + hurufAngka); 
Misalnya kita buat sebuah variabel abjad dan kita isi dengan castingan angka 97 maka yang akan di tampilkan bukan 97 melainkan abjad a kecil . Jawabanya sederhana , 97 bila di ubah menjadi karakter ASCII maka akan menjadi a .
5. Tipe data boolean (true atau false)
Tipe data ini namanya BOOLEAN , hanya mempunyai 2 isi yang niscaya yaitu TRUE atau FALSE . Biasanya di gunakan untuk pengkondisian looping atau lebih seringnya di gunakan di syarat percabangan IF-ELSE .
        boolean pilih = false;                  if(pilih){             System.out.println("true");         }else{             System.out.println("false");         } 

Jika main nya di run maka akan menyerupai gambar di bawah ini .

Kaprikornus itu lah tipe data primitif yang ada di java , bekerjsama ada jenis tipe data yang lain yaitu tipe data koleksi . Jika ada kesempatan saya akan membahasnya dalam blog ini . Nantikan terus postingan-postingan ihwal bahasa pemrograman java hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu ihwal java .
Download coding bahan ini di bawah .


Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!