Membuat Komponen Java Swing Tampak Transparan

31 views
Perkembangan aplikasi java desktop memang sudah sangat maju. Sebagai developer, atau bagi kita yang sedang mencar ilmu menciptakan aplikasi java perlu untuk terus meningkatkan kualitas aplikasi yang akan dibuat. salah satunya yaitu dengan manipulasi tampilan aplikasi desktop kita.

Seperti banyak diketahui, untuk urusan tampilan, java menyediakan komponen swing yang sangat fleksibel untuk di lakukan perubahan. Nah kali ini saya akan sedikit share perihal cara merubah komponen supaya dapat menampilkan komponen dengan tampilan transparan.

Untuk menciptakan komponen menjadi transparan di java swing bergotong-royong sangat mudah. Kita hanya perlu meng-ovveride method paint. Nah di dalam method paint ini kita gunakan Class AlphaComposite untuk memperlihatkan effect transparan pada komponen.

sebelum mulai pengkodean berikut sedikit klarifikasi perihal parameter trasnparan pada java swing. Parameter yang diberikan untuk menciptakan transparan yaitu dengan menambahkan nilai float. berikut rinciannya:

  • Jika nilai yang diberikan 0.0f artinya tingkat transparansinya yaitu 100% transparan (Artinya komponen tidak akan terlihat)
  • Jika nilai yang diberikan 0.5f artinya tingkat transparansinya yaitu 50% transparan
  • Jika nilai yang diberikan 1.0f artinya tingkat transparansinya yaitu 0% transparan (Tidak akan ada perubahan).

Oke lanjut ke kode. contohnya saya ingin menciptakan sebuay JTextField yang transparan dengan tingkat transparansi 50%, maka berikut arahan yang harus kita buat:

package javadanphp;  import java.awt.AlphaComposite; import java.awt.Graphics; import java.awt.Graphics2D; import javax.swing.JTextField;  /**  *  * @author taopik  */ public class TextFieldTransparan extends JTextField {      @Override     public void paint(Graphics g) {         Graphics2D g2 = (Graphics2D) g.create();         g2.setComposite(AlphaComposite.getInstance(AlphaComposite.SRC_OVER, 0.5f));         super.paint(g2);         g2.dispose();     } }  
Cukup simple kan? Cara ini dapat di aplikasikan untuk semua komponen swing kecuali JFrame. Berikut ini hasil dari penggunaan method diatas.

Supaya lebih jelas, silahkan download projectnya dan coba otak-atik

   
Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mengunjungi blog ini.
Author: 
    author
    No related post!