Membuat Segitiga Dalam Java Versi 3

27 views

Sudah versi ke-3 ni bentuk segitiganya . Untuk gambarnya ibarat di bawah ini .

Baca dulu pada versi 1 dan versi 2 supaya gampang memahami yang ini , terlebih lagi yang versi 2 alasannya ialah akan memakai loogika yang sama . Coba perhatikan gambar di atas , kalo kita lihat yang bab kosong ibarat bentuk segitiga versi 2 . Dari hal itu kita sanggup memanipulasi tampilan dengan kita menciptakan dahulu versi 2 dan pada final looping for j sebelum kita enter kita tambahkan for lagi untuk mencetak bintang lagi .
Kawan-kawan sanggup memakai coding versi 2 dengan cara di incrementkan atau memakai coding ibarat di bawah ini dengan cara di decrementkan .
       public void segitigaSikuKanan(int tinggi){         for (int i = 0; i < tinggi; i++) {             // Cetak spasi             for (int j = (tinggi-1-i); j >= 0; j--) {                 System.out.print(" ");             }                          System.out.println("");         }     }  
Kegunaan dari for j pertama ini untuk mencetak spasi kosong , memangg sepintas kalo di run tidak terlihat apa-apa . Kemudian kita cetak bintang dengan cara menciptakan for j yang kedua yang tujuannya sebagi pembentuk segitiga . Codingnya ibarat di bawah ini .
              // Cetak bintang             for (int j = 0; j <= i; j++) {                 System.out.print("*");             }  
Coba kalian perhatikan codingnya sama persis ibarat menciptakan segitiga versi 1 , tidak ada bedanya sama sekali . Pada baris pertama kita tampilkan sebuah bintang dan bintang akan terus bertambah satu per baris di bawahnya .
Kunci keberhasilan dari pembuatan bentuk-bentuk segitiga atau lebih tepatnya berdiri geometri ialah bagaimana cara kita memanipulasi mulainya looping dan batasnya lalu tidak lupa dengan penggunaan cara tampil dengan .print() atau .println().
Untuk main nya aku ibarat code di bawah ini .
      public static void main(String[] args) {         Segitiga segi3 = new Segitiga();         segi3.segitigaSikuKanan(5);     }  
Kawan-kawan ingin menampilkan code seprti di atas , baca juga ya selengkapnya di cara menciptakan code di postingan blogspot. Silahkan baca versi 4 dan nantikan terus postingan tutorial coding java hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu wacana java .
Download coding di bawah ini.


Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!