Mengenal Fungsi Dan Kegunaannya Dalam Pemrograman

28 views
Fungsi adalah salah satu jenis dari method namun menunjukkan nilai kembali . Masih ingatkah kawan-kawan dengan posting aku perihal mekanisme dalam java ??? Prosedur juga merupakan sebuah method tapi beliau tidak menunjukkan nilai kembali .Selengkapnya perihal mekanisme sanggup di baca di sini .

Si Oso punya kisah ni 
Ceritanya si oso lagi tiduran di bawah pohon rambutan . Dia melihat rambutan di atasnya udah pada merah semua . Oso pun terpengaruhi untuk mengambilnya , namun buahnya terlalu tinggi . Oso pun memcari bambu yang agak panjang dan menjadikanya sebagai galah untuk mengambil rambutan . Setelah kenyang makan rambutan , galah tersebut di simpanya dengan impian suatu ketika sanggup di gunakannya lagi tanpa perlu membuatnya dari awal .
Apa kegunaan dari fungsi bahwasanya ???
Dari kisah di atas oso menyimpan galah dengan tujuan kalau suatu ketika beliau membutuhkannya tinggal memakainya lagi . Sama menyerupai kegunaan dari Method , dalam pembahasan ini kita meyebutnya fungsi sebab menunjukkan nilai kembali . 
Bayangkan kawan-kawan ingin mengecek nilai yang terkecil antara 2 nilai . Dalam coding tersebut kawan-kawan tidak hanya sekali mengecek nilai terkecilnya melainkan berulangkali . Maka coding akan menjadi aneka macam , untuk itu kita gunakan fungsi . Makara kalau kita perlu fungsi tersebut tinggal kita panggil saja . Bahkan kita sanggup menggunakannya di kelas lain juga .
Ini yaitu prinsip dari modularitas , jadi coding kita bagi permodul . Tujuannya supaya kalau ada error kita gampang mencari sumber masalahnya . Kita dan orang lain akan gampang membaca codingnya . 
Bagaimana cara menciptakan fungsi ???
Untuk menciptakan fungsi harus memilih tipe data nilai yang ingin kita kembalikan atau return . Misalnya di sini aku ingin mengembalikan nilai integer maka codingnya menjadi menyerupai ini .
      public int min(int angka1, int angka2){         if(angka1 < angka2){             return angka1; // NILAI YANG DI KEMBALIKAN         }         return angka2; // NILAI YANG DI KEMBALIKAN       } 
Jangan lupa ya letak dari fungsi sama menyerupai mekanisme yaitu di dalam kelas dan diluar dari main . 
Di atas aku menciptakan pengecekan angka minimal dari 2 angka . Saya menunjukkan 2 parameter supaya aku nanti sanggup melewatkan 2 angka ketika memanggil fungsi . Setelah itu aku cek dengan percabangan if-else , kalau angka pertama lebih kecil dari angka ke dua maka akan mengembalikan nilai angka pertama dan selain itu mengembalikan angka ke dua .Itu lah yang kita sebut dengan nilai yang di kembalikan atau di return .
Bagaimana cara kita menggunakan atau memanggil fungsi ???
Kita sanggup memanggil fungsi di main atau di method lain juga sanggup . Di main kita buat dulu instance kali kelas Fungsi kemudian kita buat sebuah variabel berjulukan c dan kita isi dengan pemanggilan fungsi tadi . Ingat tipe data dari variabel c harus sama dengan nilai yang di kembalikan .
        Fungsi fungsi = new Fungsi();         int a = 9;         int b = 5;         int c = fungsi.min(a, b); 
Didalam parameter sanggup kita isi dengan variabel ataupun nilainya pribadi . Tampilkan isi variabel untuk menampilkan hasilnya.
 System.out.println("Angka yang terkecil antara " + a + " dan " + b + " yaitu " + c) 
Nah ini cara pertama untuk memanggil fungsi dengan kita menampungnya di variabel . Ada juga cara lain yang lebih singkat yaitu kita panggil pribadi dan kita tampilkan . Seperti di bawah ini .
 System.out.println("Angka yang terkecil antara 6 dan 23 yaitu " + fungsi.min(6,23)); 
Hasilnya sanggup pribadi di run menjadi seprti ini .
Demikian pembahasan kita perihal fungsi yang ada di java , tunggu pembahasan-pembahasan kita selanjutnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java.

Untuk coding di atas sanggup di download di bawah .


Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!