Mengenal Hak Susukan Di Java

25 views
Bahasan wacana hak jalan masuk ini merupakan hal yang wajib dipelajari, bila temen-temen berniat serus dalam mempelajari java.

Lho kenapa???

Alasannya yaitu hal ini nantinya akan kita perlukan dalam membatasi hak jalan masuk penggunaan variable atau atribut. Atribut itu sendiri yaitu variabel global yang dimilki sebuah kelas/

Ok eksklusif aja.Dalam java terdapat beberapa tipe jalan masuk yang diberikan. Nah kini kita bahas satu persatu.

Private

Izin jalan masuk private pada sebuah atribut biasanya dipakai oleh sebuah kelas untuk melindungi atribut-atributnya biar tidak sanggup diakses oleh kelas lain. Sebuah atribut yang dinyatakan sebagai private hanya sanggup diakses secara eksklusif oleh kelas yang membungkusnya, sedangakan kelas lainnya tidak sanggup mengakses atribut ini secara langsung, misalkan kelas sebagai berikut:

class VarPrivate{
private String var1;
private int var2;
VarPrivate() {
// constructor
}
}

maka yang sanggup mengakses var1 dan var2 hanyalah kelas varPrivate sehingga bila sebuah kelas class2 di dalamnya memiliki isyarat sebagai berikut:
VarPrivate e = new VarPrivate();

maka pengaksesan e.var1 tidak dizinkan pada kelas class2. Agar isi dari sebuah atribut private sanggup diakses oleh kelas lain sanggup dibentuk sebuah metode yang mengembalikan nilai atribut itu, contohnya sebagai berikut:

public String getVar1(){
Return var1;
}

sehingga kelas lain akan mengakses atribut next pada kelas Elemen dengan kodeString n = e. getVar1();

Public

Izin jalan masuk public sebuah kelas, bila sebuah atribut diperbolehkan diakses secara eksklusif oleh kelas lain. Sebuah atribut yang dinyatakan sebagai public sanggup diakses secara eksklusif oleh kelas lain di luar kelas yang membungkusnya, misalkan pada kelas CobPublic sebagai berikut:

class CobPublic{
public String var1;
CobPublic(){
//constructor
}
}

maka atribut var1 sanggup diakses secara eksklusif oleh kelas lain, misalkan dengan kode:
String e = new CobPublic();
e.var1 = “Coba”;

Jika sebuah atribut tidak ditulis izin aksesnya misalkan hanya ditulis String var2, maka interpreter Java akan menganggap atribut var2 memiliki izin jalan masuk public.

Protected

Izin jalan masuk protected sebuah atribut biasanya dipakai oleh sebuah kelas, bila sebuah atribut diperbolehkan diakses secara eksklusif oleh kelas lain yang merupakan kelas turunannya (inheritance). Sebuah atribut yang dinyatakan sebagai protected tidak sanggup diakses secara eksklusif oleh kelas lain di luar kelas yang membungkusnya, kecuali kelas yang mengaksesnya yaitu kelas turunan dari kelas yang membungkusnya, misalkan pada kelas Elemen sebagai berikut:

class CobaProtected{
protected String var1;
protected int var2;
CobaProtected() {
//constructor
}

}Maka atribut var1 dan var2 sanggup diakses secara eksklusif oleh kelas lain yang merupakan turunan kelas CobaProtected.
Izin jalan masuk protected dimaksudkan untuk melindungi atribut biar tidak diakses secara eksklusif oleh sembarang kelas lain, namun diizinkan diakses secara eksklusif oleh kelas turunannya.
Ok boss Moga Bermanfaat
Author: 
    author
    No related post!