Mengenal Kelas Pojo Dari Netbeans

34 views

POJO atau kependekan dari Plain Old Java Object yakni sebuah fungsi yang di sediakan oleh netbeans untuk menggenerate fungsi-fungsi java sendiri dari sebuah atribut .Hasil generate di buat kedalam standar bahasa pemrograman Java sebagai implementasi PBO.

Fungsi dari generate atribut ini bertujuan untuk memudahkan programmer untuk mengerjakan project, jadi kita tidak harus berlama-lama mengetik coding . Misalnya kita butuh fungsi untuk menciptakan setter dan getter maka tinggal kita generate saja dari atribut yang sudah kita buat.

Cara menggenerate atribut mengguanakan kelas pojo di netbeans

– Ketikan atribut yang ingin kita generate di dalam kelas .Misalnya kita mempunyai atribut nama dengan tipe data string ibarat code di bawah ini .

  
public class BelajarPOJO {
    String nama;
}

– Klik kanan mouse dan pilih Insert Code … .
– Akan muncul sajian generate dan silahkan pilih ingin menggenerate fungsi apa .

Beberapa pojo yang sering di gunakan

Constructor

Constructor di gunakan untuk membangun object default di memori dikala pembentukan instance. Untuk menggeneratenya sesudah muncul sajian generate pilih constructor kemudian centang atribut yang ingin di masukan dan klik generate . Hasilnya lihat code di bawah ini .

  
public class BelajarPOJO {
    String nama;
    public BelajarPOJO(String nama) {
        this.nama = nama;
    }
}

Untuk klarifikasi lebih lengkapnya perihal constructor aku akan jelaskan di postingan berikutnya .

Setter

Setter di gunakan untuk mengisikan nilai ke dalam atribut .Untuk menggeneratenya sesudah muncul sajian generate pilih Setter kemudian centang atribut yang ingin di masukan kemudian centang juga encapsulate fields jikalau ingin mengenkapsulasikan antribut kemudian klik generate . Hasilnya lihat code di bawah ini .

  
public class BelajarPOJO {
    private String nama;
    public void setNama(String nama) {
        this.nama = nama;
    }  
}

Getter

Getter di gunakan untuk mengambil nilai dari atribut . Untuk menggeneratenya sesudah muncul sajian generate pilih Getter kemudian centang atribut yang ingin di masukan kemudian centang juga encapsulate fields jikalau ingin mengenkapsulasikan antribut kemudian klik generate . Hasilnya lihat code di bawah ini .

  
public class BelajarPOJO {
    private String nama;
    public String getNama() {
        return nama;
    }
}

Penggunaan setter dan getter lebih cocok di gunakan untuk enkapsulasi object . Baca selengkapnya perihal enkapsulasi object.

toString

toString yakni fungsi yang berkhasiat untuk mencetak nilai – nilai atribut .Untuk menggeneratenya sesudah muncul sajian generate pilih toString laluklik generate . Hasilnya lihat code di bawah ini .

  
public class BelajarPOJO {
    String nama;
    @Override
    public String toString() {
        return "BelajarPOJO{" + "nama=" + nama + '}';
    }
}

toString di sini yakni referensi dari penggunaan teknik override . Untuk lebih jelasnya akan aku jelaskan di postingan berikutnya .

Masih ada beberapa lagi yang sanggup kita generate tapi aku cukupkan di sini alasannya yakni yang sering di gunakan yakni yang aku sebutkan di atas . Nantikan terus tutorial-tutorial dari java dan android hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java . Kunjungi juga adaajatutorial.blogspot.com untuk tutorial-tutorial yang lain.
Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!