Mengenal Matrik Alias Array Dua Dimensi

26 views

Pada pembahasan yang kemudian kita sudah berguru apa itu array . Saya singgung sedikit bahwa array merupakan salah satu penyimpanan data yang ada di java . Selengkapnya silahkan baca di Menggunakan Array Untuk Menyimpan Data Sama.

Kali ini kita akan membahas wacana matrik .
Apa itu matrik ???
Yang aku maksud bukan film matrik itu ya , melainkan matrik yang ada di java . Bagi yang ingin tau apa itu matrik , baca terus ya jangan ganti chanelnya hehehe…
Jika kawan-kawan pernah berguru matematika pastinya udah tau dong konsep matrik . Di java pun matrik sama menyerupai matrik yang ada di matematika. Nah kalo di java matrik itu merupakan array 2 dimensi , terdapat baris (kanan ke kiri) dan juga kolom (atas ke bawah ). 
Bagaimana cara menciptakan matrik di java ???
Perhatikan coding di bawah ini .
       // MEMBUAT MATRIK BUAH        String [][] buah = new String[2][2]; 
Kalo kita perhatikan sama kan menyerupai array , ya sama lah itukan juga array cuma dimensinya tidak satu . Sama menyerupai array kita hanya sanggup menyimpan satu tipe data dalam matrik . Kemudian perhatikan ada 2 buah kotakan, kan kalo di array cuma ada satu aja . Kalo di matematika kita menyebutnya dengan ordo (baris x kolom) . 
Kita sanggup menciptakan setiap baris mempunyai kolom yang berbeda . Caranya menyerupai berikut .
       // MEMBUAT DAN MENGISI MATRIK MAKANAN        String [] [] kuliner = {{"Mi ayam","Martabak"},                                {"Nasi Goreng"},                                {},                                {"Soto","Bakso","Sate"}}; 
Kaprikornus banyaknya kolom dalam baris sanggup tidak sama , namun kebanyakan penggunaanya selalu sama antara kolom di baris 1 dengan baris lainnya .
Bagaimana cara mengisinya ???
Sama saja menyerupai array , cuma kini indeksnya ada baris dan kolom . Kaprikornus harus ditentukan ada di baris berapa dan kolom berapa .
       // MENGISI MATRIK BUAH        buah[0][0] = "Pisang";        buah[0][1] = "Semangka";        buah[1][0] = "Melon";        buah[1][1] = "Anggur"; 
Jika indeks yang di susukan melebihi batas matrik maka akan error juga . Kaprikornus perhatikan batasnya .
Bagaimana kita menampilkannya ???
Sama saja sih menyerupai array hanya kalo di array kita sanggup pribadi menunjuk indeks ke berapa , nah kalo di matrik harus menunjuk baris dan kolom ke berapa . Bisa kita menampilkannya secara sendiri-sendiri.
 System.out.println("Isi dari array buah indeks 1,1 " + buah[1][1]); 
Bisa juga kita menampilkannya dengan looping for
Kalo di array kita sanggup mengetahui jumlah maksimal yang sanggup di tampung dengan fungsi namaArray.length . Sedangkan bila di matrik caranya agak berbeda sedikit , terdapat 2 buah jumlah maksimal yakni baris dan kolom . 
Untuk mengetahui banyaknya baris sanggup pribadi kita ketikan namaMatrik.lenght . Untuk mengetahui banyaknya kolom harus menyerupai ini namaMatrik[baris].length .
        System.out.println("Banyak baris di array kuliner = " + makanan.length);         System.out.println("Banyak kolom di baris ke 2 = " + makanan[2].length);         System.out.println("Banyak kolom di baris ke 3 = " + makanan[3].length); 
Kalo coding di atas di coba di run menjadi menyerupai ini .
Demikian pembahasan kita wacana matrik . Perlu di ketahui juga selain array dan matrik ada juga array multidimensi (dimensi 3 dan seterusnya) . Namun untuk array multidimensi agak sulit dibayangkan bila memakai konsep baris dan koloom .
Untuk codingnya silahkan di download di bawah.


Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!