Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker

35 views

Seperti artinya, Multi-Update merupakan fitur untuk memperbarui beberapa Record sekaligus. Sering kali Anda sebagai Web Developer harus menambahkan fitur ini di Aplikasi Web yang Anda bangun. Beruntunglah Anda jikalau memakai PHPMaker, alasannya ialah fitur ini sanggup dihasilkan dengan sangat gampang dan cepat.

Tak kenal maka tak sayang. Oleh alasannya ialah itu, mari kita mengenal lebih dalam beberapa item pengaturan yang terkait dengan fitur ini. Pastikan Anda sudah menentukan salah satu Table dari panel Database di dalam project PHPMaker Anda. Selanjutnya, klik tab Table yang berada di panel sebelah kanan. Di dalam tab ini, cari bab Multi-Update Page, dan di dalamnya terdapat dua item pengaturan sebagai berikut:

  1. Multi-Update, jikalau diaktifkan, maka PHPMaker akan membangkitkan halaman untuk memperbarui beberapa Record sekaligus.
  2. Confirm, jikalau diaktifkan, maka PHPMaker akan menampilkan halaman konfirmasi sebelum Pengguna yakin ingin menyimpan atau membatalkan perubahan beberapa Record sekaligus tadi.

Meskipun jumlah item pengaturan ini hanya dua saja, tapi fitur ini terkait juga dengan beberapa item pengaturan di kawasan lain, yang sebelumnya sudah pernah kita bahas, yaitu di Field Setup. Pastikan Anda sudah menentukan Field yang disertakan dalam fitur ini dengan mengaktifkannya melalui kolom Multi-Update Page yang terdapat di Field Setup tadi.

Lagi-lagi, syarat utama untuk mengimplementasikan fitur ini, di Table terkait harus sudah mempunyai kunci utama (Primary Key) sebagai penanda unik antara satu Record dengan Record lainnya. Jika kunci utama di tabel tersebut belum ada, maka PHPMaker tidak akan pernah membangkitkan fitur ini di Aplikasi Web Anda.

Setelah Anda men-generate ulang file script dengan memakai PHPMaker, maka Pengguna Aplikasi Web Anda sanggup memakai fitur ini melalui halaman List. Di sana seharusnya akan muncul control CheckBox di sebelah kiri dari setiap Record yang terdapat di tabel, dan di bab atas dan/atau bawah dari tabel tadi akan muncul tombol yang akan men-trigger ke halaman Multi-Update.

Pengguna harus menentukan satu dan/atau beberapa Record dengan cara memberi tanda centang pada control CheckBox tadi, kemudian mengklik tombol untuk menampilkan halaman Multi-Update. Di halaman Multi-Update tersebut, maka Pengguna harus memberi tanda centang pada Field yang beliau inginkan diubah, kemudian memasukkan data yang gres di sebelah kanannya.

Sekali lagi, menurut pengalaman Penulis, fitur ini benar-benar sangat membantu Web Developer dalam menghemat waktu pengembangan. Sekarang, cobalah bandingkan jikalau fitur ini harus Anda kerjakan secara manual, apalagi jikalau fitur ini harus diimplementasikan pada beberapa tabel. Berapa usang waktu yang Anda butuhkan?


Sumber https://ilmukomputer.org/

Author: 
    author
    No related post!