Menggunakan Try Catch Untuk Penanganan Eksepsi

28 views
Ketika gres mencar ilmu coding niscaya kita pernah mendapatkah hasil error . Error dalam mencar ilmu merupakan hal yang masuk akal dan sanggup terjadi pada setiap orang . Misalnya kita menciptakan sebuah coding dimana kita ingin meminta inputan berupa angka namun yang terjadi ialah kita memasukan bukan angka , maka akan terjadi error dan kegiatan pun di paksa berhenti . Hal menyerupai itu sanggup kita sebut sebagai eksepsi .

Apa itu eksepsi ??

Eksepsi merupakan sebuah kondisi asing yang terjadi pada suatu runtun arahan ketika kegiatan sedang dijalankan. Contoh yang lain contohnya kita ingin melaksanakan pembagian dengan angka 0 . Ingat dalam matematika bahwa pembagian dengan angka 0 tidak di mungkinkan , java pun menyerupai itu . Akhirnya kegiatan akan muncul error ketika di jalankan .

Bagaimana cara menciptakan kegiatan tetap berjalan walaupun terdapat error ??

Tenang java sanggup menjawab pertanyaan di atas , jawabanya yaitu dengan penanganan eksepsi . Perhatikan code di bawah ini .
 try {             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka = input.nextInt();             int hasil = angka/0;         } catch (Exception e) {             System.out.println("Masalah = "+e.getMessage());         } 
Diatas kita sebut dengan blok try-catch . Didalam blok try kita isi dengan coding yang kira-kira akan membangkitkan error ketika di run . Error di sini sanggup menyerupai pola error yang ada di atas dan masih banyak lagi error yang lain . Kemudian di dalam blok catch berisi perihal penanganan yang akan kita lakukan ketika terjadi error . Misalnya ketika terjadi error kita ingin menampilkan alasannya ialah errornya .

Dalam try-catch sanggup terdapat lebih dari satu catch (penanganan error) lantaran kondisi sanggup di spesifikan ke error yang akan di timbulkan . Namun kalau kawan-kawan resah dengan apa kira-kira error yang akan terjadi maka sebaiknya gunakan saja yang default .Oh ya apakah kawan-kawan tertarik untuk menciptakan tampilan coding menyerupai di halaman ini ??? kalau tertarik silahkan baca menciptakan codingan di blogspot .
 try {             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka = input.nextInt();             int hasil = angka/0;         } catch (ArithmeticException ae) {             System.out.println("Masalah = "+ae.getMessage());         } catch (InputMismatchException ime) {             System.out.println("Masalah = "+ime.getMessage());         } 
Kemudian berikutnya ialah statement finally sesudah catch . Finally akan tetap di sanksi ketika terjadi atau tidak terjadi errror . Biasanya finally tidak begitu di gunakan .Saya juga kurang begitu paham apa kegunaan dari finally ini sebenarnya.
 try {             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka = input.nextInt();             int hasil = angka/0;         } catch (Exception e) {             System.out.println("Masalah = "+e.getMessage());         } finally{             System.out.println("Final akan tetap di eksekusi");         } 
Dalam bahasa pemrograman lain pun ada penanganan eksepsinya namun agak berbeda bentuk . Makara gunakan try-catch ketika kita menciptakan sebuah coding yang kira-kira akan membangkitkan error . Tetap semangat coding dan terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java .

Download coding bahan ini di bawah .

DOWNLOAD
Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!