Menghilangkan Identitas WordPress

7 views

Apa Itu WordPress?

WordPress ialah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat terkenal dipakai sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai dipakai sebagai sebuah CMS (Content Management System) alasannya ialah kemampuannya untuk dimodifikasi dan diadaptasi dengan kebutuhan penggunanya.
WordPress ialah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.
Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress dikala ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama menyerupai CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya –(Wikipedia)

Apakah Perlu Menghilangkan Identitas WordPress?

Jika anda bertanya apakah perlu menghilangkan identitas wordpress, itu tergantung pilihan anda sendiri. Di internet sudah banyak artikel wacana exploit bug yang terdapat di wordpress, meski wordpress sering melaksanakan update tetapi tidak menutup kemungkinan pada website kita mempunyai bug. Dengan menghilangkan identitas wordpress, cracker kemungkinan besar terkelabuhi alasannya ialah website targetnya tidak mempunyai ciri-ciri wordpress dan si cracker tersebut kemungkinan tidak memakai exploit bug wordpress untuk melaksanakan peretasan pada website kita.

Mari kita mulai bagaimana cara menghilangkan identitas wordpress, kita akan memakai Notepad++ sebagai alat bantu.
Jika anda belum menginstall Notepad++ silakan download terlebih dahulu disini.

Setelah menginstall notepad++ silakan download source code wordpress, bisa anda download di situs resminya wordpress.org, jangan lupa di extract ya source codenya.

Buka notepad++ yang telah di install sebelumnya, pencet tombol “ctrl+h” untuk membuka fitur replace, klik tab “Find in Files” 

Pada form directory, pilih directory file wordpress anda berada, dan untuk search mode pilih normal. Untuk lebih jelasnya lihatlah screenshot berikut

Jika sudah di set menyerupai gambar di atas, mari kita mulai merubah salah satu file, aku akan mengambil teladan untuk merubah file “wp-config-sample.php” kita coba rubah menjadi file “config-sample.php“. Kenapa kita merubah nama file wordpress? alasannya ialah cms wordpress mempunyai ciri khas pada file, folder nya mempunyai prefik wp.
Pada form Find what kita isi dengan “wp-config” dan pada form Replace with kita isi dengan “config” . untuk lebih terperinci lihat screenshot berikut

jika sudah menyerupai gambar di atas, silakan klik Replace in Files nanti akan muncul Pop Up klik OK saja, nanti akan muncul teks berwarna biru “Replace in Files: 84 occurrences replaced” perlu anda ingat, jumlah yg di replace bisa saja berbeda.

langkah selanjutnya rubah file wp-config-sample.php menjadi config-sample.php. saya akan mencoba merubah folder wp-content, untuk caranya sama menyerupai cara di atas untuk yang lainnya pakai logika sedikit ya jangan manja

Untuk melihat hasil, silakan install menyerupai menginstall wordpress menyerupai biasanya. bila rubah file wp-config-sample.php berhasil, maka dalam instalasi wordpress akan berjalan normal tidak terjadi error.

isi database dan form lain lainnya, hingga instalasi selesai.

Karena sesuai judul ialah menghilangkan identitas wordpress maka aku merubah nama folder wp-content dan wp-includes, anda bisa merubah file lainnya sesuai harapan anda. Mari kita lihat hasil nya, kita cek source nya dengan menekan tombol CTRL+U pada cms wordpress yg telah kita install sebelumnya.

 prefik wp yang merupakan ciri khas wordpress telah hilang, silakan gunakan kreatifitas masing-masing untuk lebih menyembunyikan cms wordpress nya 😀

Sekian untuk kali ini, dan selamat mencoba

Author: 
    author
    No related post!