Modifier Proteksi Hak Susukan Dalam Java

23 views

Pernahkan kawan-kawan berfikir kenapa suatu kelas di awali dengan kata public . Jika kita coba menghapus kata public tersebut apakah yang akan terjadi ? Jawaban dari pertanyaan ini akan kawan-kawan temukan sehabis membaca postingan ini .

Apa itu modifier ??

Modifier ialah sumbangan hak kanal kalo berdasarkan aku atau lebih tepatnya dipakai untuk memilih ruang batas pengaksesan . Kaprikornus contohnya aku berikan modifier pada class artinya kelas tersebut dapat di kanal di area yang sudah di menetapkan oleh modifier.

Macam-macam modifier

Untuk jenis modifier sendiri ada 4 macam yaitu :
– Default
– Public
– Private
– Protected

Lebih lengkap ihwal jenis modifier

Modifier Default 

Untuk default ruang lingkupnya ialah dalam satu package jadi tidak dapat di kanal di dalam package yang lain. Untuk uji coba kita buat dua buah package yaitu PackageSatu dan PackageDua . Dalam PackageSatu buat sebuah file java dengan nama cobaSatu kemudian di PackageDua buat file java berjulukan cobaDua. Untuk coding cobaSatu ibarat di bawah ini .

  
public class CobaSatu {
    String kataDefault = "DEFAULT";
    public String kataPublic = "PUBLIC";
    private String kataPrivate = "PRIVATE";
    protected String kataProtected = "PROTECTED";
   
    public static void main(String[] args) {
        CobaSatu p = new CobaSatu();
        System.out.println("isi angkaDefault = "+p.kataDefault);
        System.out.println("isi angkaPublic = "+p.kataPublic);
        System.out.println("isi angkaPrivate = "+p.kataPrivate);
        System.out.println("isi angkaProtected = "+p.kataProtected);
    }
}

Kita buat atribut dengan modifier default , modifier public , modifier private dan modifier protected dan kita coba panggil di main . Untuk di dalam kelas yang sama dapat di panggil semua . Untuk melihat perbedaan dari pengguanaan setiap modifier maka copy main dan paste di cobaDua maka hanya dapat di panggil yang mempunyai modifier public .

Modifier Public

Untuk ruang lingkup modifier public dapat di gunakan di mana saja tanpa adanya batasan . Alasan ini lah yang menjadi balasan dari pertanyaan di atas . Kaprikornus kelas harus di beri modifier public supaya dapat di panggil di kelas lain tanpa adanya batasan . Untuk cara pengecekannya dapat melihat pola di atas , public dapat di panggil di package lain . Kemudian kita buat lagi sub package dari packageSatu dan beri nama packageSatu.LebihDalam kemudian buat kelas cobaEmpat maka yang dapat di kanal hanya public .

Modifier Private

Modifier Private hanya dapat di panggil di dalam kelas yang sama dan tidak dapat di panggil di lain kelas . Private di gunakan untuk mengenkapsulasi object , untuk lebih lengkapnya ihwal enkapsulasi akan aku bahas di lain waktu .

Modifier Protected

Untuk ruang lingkup modifier protected hasil yang aku coba sama ibarat modifier default di tambah dikelas anaknya juga.

Lebih mudahnya di bawah ini aku buatkan tabel ruang lingkup setiap modifier .

Nantikan terus tutorial java dan android hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu ihwal java.


Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!