Source Code Pembuatan Jadwal Angsuran yang akan admin share berikut ini mengidentifikasi jumlah cicilan per bulannya sesuai dengan jumlah santunan (Plavond) + Profit dan jumlah angsuran (Bulan). Jadwal angsuran biasanya berlaku di instansi-instansi atau forum keuangan ibarat Bank, Koperasi dan Leasing. Source code ini admin buat dengan bertujuan sebagai materi pembelajaran, dikarenakan untuk aktivitas angsuran itu sendiri disetiap forum yang bekerjasama dengan gadai, pinjam dan lain-lain niscaya memiliki standarisasi tersendiri. 

Database yang admin gunakan Ms. Access 2000 dan komponen-komponen pendukung dari Visual basic 6.0 (VB6) ialah TextBox, CommandButton dan ListView (Microsoft Windows Common Control 6.0). Buat database terlebih dahulu dengan nama dbAngsuran dan Tabel Angsuran, 

Setelah simpulan simpanlah database tersebut didalam folder. Kemudian selanjutnya buka Ms. Visual Basic 6.0 (VB6) – Project – StandarEXE dan buat form, tambahkan beberapa komponen pendukung pada form tersebut ibarat yang telah disebutkan diatas tadi.

Tambahkan juga sebuah module untuk menampung beberapa function koneksi database dan variabel-variabel pendukung, ibarat syntak dibawah ini : 

Public CN As New ADODB.Connection
Public RsAngsuran As New ADODB.Recordset
 

Sub Koneksi()
Dim PathDb As String
PathDb = App.Path & “\dbAngsuran.mdb”
If CN.State Then
   CN.Close
   CN.Open “Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=” & PathDb & “;Persist Security Info=False”
   CN.CursorLocation = adUseClient
Else
   CN.Open “Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=” & PathDb & “;Persist Security Info=False”
   CN.CursorLocation = adUseClient
End If
End Sub

Untuk source code secara lengkap dapat didownload di LINK INI
Setelah didownload coba agan-agan run/F5 dan Inputkan pada textBox Total Plavond Pinjaman, Profit dan Jangka Waktu Pinjaman (Bulan) – Tekan Tombol Rekap, maka secara otomatis data akan tampil sebanyak jumlah jangka waktu santunan dengan tanggal aktivitas angsurannya.
Pembuatan Kegiatan Angsuran Memakai Visual Basic 6.0 (Vb6)
Mudah bukan dalam mengindentifikasi aktivitas angsuran dari nominal jumlah palvond santunan yang kita tentukan ibarat pada gambar diatas.