Pengantar eLearning dan Pengembangannya

22 views

Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan prosedur berguru mengajar (pendidikan) berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang lalu populer dengan sebutan e-Learning ini membawa efek terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) dan sistemnya. Saat ini konsep e-Learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-Learning di forum pendidikan (sekolah, pelatihan dan universitas) maupun industri (Cisco System, IBM, HP, Oracle, dsb).

John Chambers yang merupakan CEO dari perusahaan Cisco System menyampaikan bahwa untuk kurun ke depan, aplikasi dalam dunia pendidikan akan menjadi “killer application” yang sangat berpengaruh. Departemen perdagangan dan departemen pendidikan Amerika Serikat bahkan bantu-membantu mencanangkan Visi 2020 bekerjasama dengan konsep pendidikan berbasis Teknologi Informasi (e-Learning) [Vision, 2002].

Makalah ini akan memfokuskan pembahasan pada aplikasi eLearning dan pengembangannya. Bagaimana seharusnya aplikasi e-Learning dikembangkan dengan menyeimbangkan antara kebutuhan pengguna dan harapan dari pengembang. Penjelasan akan dimulai dari pengertian eLearning, mengapa kita memerlukan e-Learning, sejarah e-Learning, beberapa analisa kegagalan eLearning dan taktik pengembangannya e-Learning.

Download Tulisan Lengkap: romi-elearning1.zip


Sumber https://ilmukomputer.org/

Author: 
    author
    No related post!