Program Pertama Dengan Python

16 views

Seringkali, agenda “Hello World!” dipakai untuk mengenalkan suatu bahasa pemrograman ke pemula. Program “Hello World!” yakni sebuah agenda sederhana yang menampilkan kalimat “Hello World!” di monitor.

Akan tetapi, Python yakni bahasa yang paling gampang dipelajari, dan membuat agenda “Hello World!” hanya sesederhana menuliskan perintah print("Hello World!"). Oleh alasannya yakni itu, kita akan lebih menentukan untuk membuat agenda penjumlahan dua bilangan.

Program Penjumlahan Dua Bilangan

Catatan: Bila Anda belum tahu cara memakai Python, silahkan baca artikel wacana Memulai Pemrograman Python

# Menambahkan dua bilangan
bil1 = 15
bil2 = 25
jumlah = bil1+bil2
print(jumlah)

Penjelasan Program

Python yakni bahasa pemrograman yang memakai interpreter. Pada interpreter agenda akan dihukum baris perbaris. Bila ada error maka agenda akan terhenti, kecuali dengan memakai metode penanganan eksepsi.

Pada agenda di atas, baris 1 yakni komentar program. Interpreter tidak memproses komentar. Komentar hanya untuk klarifikasi instruksi biar dipahami oleh insan yang membacanya.

Pada baris 2 kita membuat sebuah objek bilangan yaitu 15. Kita membuat variabel bil1 menunjuk ke objek 15. Dengan kata lain, objek 15 ditugaskan ke variabel bil1.

Penjelasan untuk baris 3 sama dengan klarifikasi untuk baris ke 2.

Selanjutnya pada baris ke 4, objek yang ditunjuk oleh bil1 yaitu 15 dan yang ditunjuk oleh bil2 yaitu 25 dijumlahkan. Hasilnya ditugaskan ke variabel jumlah.

Di baris terakhir, kita memakai fungsi bawaan (builtin) python, yaitu print() untuk menampilkan variabel jumlah ke monitor.

Demikian agenda sederhana memakai python. Untuk selanjutnya, Anda akan berguru dasar Python dan agenda yang lebih kompleks.

 

 

Author: 
    author
    No related post!