Sniffing? Cain Abel Saja!

23 views

Sniffing, alias mengendus, yaitu suatu acara mengendus-endus menyerupai namanya. Untuk istilah bidang informatika, sniffing yaitu pekerjaan menyadap paket data yang lalu-lalang di sebuah jaringan. Paket data ini dapat berisi isu Mengenai apa saja, baik itu username, apa yang dilakukan pengguna melalui jaringan, termasuk mengidentifikasi komputer yang terinfeksi virus, sekaligus melihat apa yang menciptakan komputer menjadi lambat dalam jaringan. Bisa juga untuk menganalisa apa yang menjadikan jaringan macet. Makara bukan sekedar untuk kejahatan, lantaran semuanya tergantung penggunanya, tapi umumnya dilakukan lantaran ISENG.

Sniffing dapat dilakukan tidak berarti lantaran duduk masalah komputer atau system operasi, tapi system dari jaringan sendirilah yang bermasalah. Misalnya pada system jaringan yang memakai hub, komputer-komputernya sombong oleh alasannya yaitu seruan data maupun pengiriman data disiarkan ke seluruh komputer dalam jaringan, dan hanya komputer yang butuh saja yang Mengambil data yang ditujukan padanya sedangkan komputer lain akan mengacuhkannya. Tetapi semua itu akan lain jikalau salah satu komputer tersebut memakai sniffer atau pengendus. Semua data yang disiarkan termasuk ke komputer tersebut akan ditangkap, terlepas dari data tersebut yaitu seruan dari komputer tersebut atau tidak. Anda yang pernah membaca buku Animorphs karangan K.A. Applegate tentu mengetahui cara bicara Visser Three. Visser Three yang memakai bahasa pikiran yang seharusnya dapat ditujukan ke orang-orang tertentu lantaran kepongahannya selalu menyiarkan bahasa pikirannya tanpa dibatasi. Begitulah sifat-sifat jaringan yang memakai hub.

Menggunakan switch untuk menggantikan kelemahan hub juga bukan berarti anda sudah terbebas dari masalah.

Tulisan ini akan mengupas Cain & Abel, yaitu sebuah jadwal Recovery Password sekaligus Pengendus Jaringan dari Massimiliano Montoro.

Download Tulisan Lengkap: farhan-sniffing.pdf


Sumber https://ilmukomputer.org/

Author: 
    author
    No related post!