Tutorial Root Di Samsung Grand Duos Gti9082

15 views

Halo Hola semuanya agan – agan yang ganteng dan elok cantik , welcome back in my blog site. Gimana ni kabar – kabar ente sekalian ? ngk terasa hari ini pas ialah hari pertama di tahun 2014 . Pada kesempatan kali ini ane kembali dengan membuatkan trik . Dan trik yang akan ane share kali ini ialah tutorial root android di hp samsung grand duos .

Sebelum mulai mungkin ada baiknya ane share dulu apa sih yang dimaksud dengan root di android ? dan apa saja laba root tersebut serta apa saja kekurangan dari root tersebut. Mari kita bahas satu” . Check it out!.

Root : ialah suatu system account yang mempunyai kebebesan diktatorial untuk mengakses dan meng-eksekusi semua file system , command , system dalam operasi berbasis linux ( termasuk android juga didalamnya .) Intinya root ini mempunyai fungsi dan jalan masuk tanpa batas yang bisa mengubah , menghapus bahkan menambah , serta juga bisa merusak system yang ada didalam hp android kita . Ibarat kata kalau android itu kita bagaikan sebuah rumah yang isi gerbang , dimana penjagaan pintu masuk rumah itu sangat ketat , nah kalau kita root , penjagaan rumah kita itu tidak akan seketat dulu lagi sebelum di root . Wajib kita install sebuah antivirus kalau sudah di root dikarenakan untuk mengantisipasi adanya ancaman malware dan virus . Nge-root itu artinya kita membuka jalan masuk dan nge-hack system operasi android kita sendiri. Makara kitalah yang mempunyai kekuasaan penuh pada system android yang kita punya .

Fungsi : Fungsi root Android ialah untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk sanggup masuk ke sistem Android. Dengan melaksanakan Root, pengguna sanggup menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak sanggup di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android ialah menawarkan hak eksekutif kepada pengguna.

Kelebihan HP android yang telah diRoot :
  • Akses tak terbatas terhadap system Android
  • Memindahkan instalasi aplikasi ke memory external sehingga memory internal tidak gampang penuh
  • Bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan vendor yang kurang penting sehingga bisa menghemat baterai dan mempercepat kinerja
  • Dapat melaksanakan Backup aplikasi dan system sehingga saat ingin melaksanakan install ulang atau reset pabrik kita tidak perlu mencari, mendownload lagi
  • Bisa merubah tampilan melalui Instalasi custom ROM
  • Bisa menambah kemampuan procesor dengan melaksanakan Overclock processor sehingga kinerja Ponsel manjadi lebih cepat

Kekurangan HP Android Yang Telah diRoot :
  • Garansi HP hilanng : Semua vendor ponsel menyampaikan bahwa HP android yang telah di root akan hilang masa garansinya, hal ini dikarenakan dengan kita telah me-root hp android kita, kita sudah mengotak-atik file system pada sebuah HP android sehingga vendor tidak mau bertanggung jawab apabila ada kerusakan HP android yang telah di root. Namun jangan khawatir, HP android yang sudah di root bisa kok dikembalikan dalam kondisi semula (unroot). Sehingga HP android masih memungkinkan untuk mendapat garansi kembali.
  • Rentan terhadap Virus dan Malware : Untuk problem ini tampaknya teman juga harus tau, dan harus tetap waspada untuk tidak sembarangan menginstal jadwal pada hp android sobat, dan jangan lupa untuk memasang antivirus yang sanggup teman instal dari google play menyerupai : avast, dll.

Oke , gimana gan , sudah jelaskah apa yang dimaksud dengan root ? apa saja kelebihan dan kekurangannya ? Makara kalau agan sudah yakin ingin nge-root android agan , lanjutkan tutorial dibawah ini , namun kalau agan tidak yakin , segera tutup artikel ini. Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan hp agan . Penulis hanya sharing ilmu saja .

Oke gimana ? Lanjut ???
 Perlu ane ingatkan lagi kalau tutorial ini hanyalah untuk hp samsung grand duos , kalau untuk yang lainnya ane kagak tau sebab belum pernah nyoba gan .

Siapkan alat – alat yang diharapkan gan :

  1. Samsung Driver biar hp samsung agan bisa koneksi dan berkomunikasi dengan pc agan .    Drivernya bisa di download disini gan.
  2. Download Recovery nya disni.
  3. Download Odin_Flash disini.
  4. Download SuperSU disni.

Caranya :

matikan hp agan .

kemudian masuk ke download mode dengan cara : Tekan Home + Power + Volume Down.

Buka aplikasi odin dari pc agan , dan pilih PDA trus browse CWM-touch_i9082_chotu.tar.md5 , dimana agan taruh. Pastikan pula hp samsung agan sudah terkoneksi , tandanya pada odin akan tampil no port yang dipakai oleh hp samsung agan ditandai warna biru muda . Jika hal itu tidak ada, bisa dipastikan driver samsung yang agan install salah atau kurang . silahkan ulangi lagi . Berikut penampakannya kalau koneksi sudah benar dan berikut settingannya :

Pastikan yang dicentang hanyalah Auto Reboot dan F.Reset Time.

Jika semua sudah sama sperti settingan diatas , tinggal di klik start . dan tunggu hingga proses simpulan , proses ini tidak akan memakan waktu usang , kurang lebih hanya 5 menit kalau semuanya lancar.

Setelah ada tulisans PAS di Odin , pribadi cepat cabut batrei hp agan , sesudah dicabut . pasang kembali dan hidupkan kembali hp agan.

Tutorial install SuperSU :

  1. download file supersu yang diatas sudah disertakan .
  2. copy kan file tersbut ke memory external agan . 
  3. kemudian matikan kembali hp agan , dan masuk sajian recovery mode . caranya : Tekan Home + Power + Volume Up.
  4. Pilih “install zip from SD Card” kemudian “Choose zip from SD Card” kemudian cari dan pilih file Update Super SU.
  5. tunggu hingga proses simpulan dan reboot hp anda.
  6. Selamat Sekarang hp agan sudah berhasil di root.

Cara cek apakah proses root sudah berhasil di hp android agan ialah , pada sajian aplikasi di hp agan niscaya sudah terinstall aplikasi gres berjulukan SuperSU. Penampakannya kayak gini gan :


Oke dech gan , cukup sekian dulu tutorial kali ini . cukup capek juga ya panjang ngetiknya , hehehehe
tapi nggak apa” lah yang penting ane sudah bisa membuatkan dengan agan agan semuanya .

hingga ketemu lagi gan di trik berikutnya . see u…….

Sumber http://guz-kopyok.blogspot.com/

Author: 
    author
    No related post!